Selasa, 27 November 2012

SAKRAMENTOLOGI


1.       Arti sakramen
Sakramen  adalah Allah /rahmat atau keselamatan yang tidak atau ilahi bkerja melalui tanda dan sarana kelihatan untuk menyelamatakan manusia
Sakramen adalah tanda dan sarana dari Allah melalui Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat manusia
2.       Sakramen sebagai tanda dan sarana
Tanda itu adalah melalui tanda-tanda, yang kelihatan.Allah yang tidak kelihatan mendatangi dan mengusahakan keselamatan bagi umat manusia
Sarana adalah melalui tanda-tanda itu Allah bekerja untuk mengantar manusia kepada keselamatan.
3.       Kesamaan dan perbedaan sakramen dan misteri
Kesamaannya
Keduanya sakramen dan misteri merupakan daya penyelamatan Allah yang membawa manusia kepada keselamatan.
4.       Perbedaan sakramen dan misteri
Sakramen adalah sesuatu yang lahiriah yang kelihatan yakni benda, kata-kata dan perbuatan
Misteri adalah sesuatu yang batiniah atau tidak kelihatan yakni rahmat, keselamatan, Allah
5.       dasar sakramen menurut kitab suci perjanjian lama
Melalui tanda yakni peristiwa atau kejadian yang di sertai dengan firman kenabian yang diikuti dengan tindakan dan perbuatan .tanda dalam rangka penyampaian firman itu berdaya  menyelamatkan
Ada dua unsur penting  yang memuat tanda-tanda dalam perjanjian lama yang berciri sacramental adalah
Ø  Peristiwa atau kejadian yakni tindakan penyelamatan Allah melalu peristiwa historis yang di alami bangsa Israel yang menunjukkan kehadiran allah melalui tanda-tanda sperti tiang awan,manna, burung puyuh, wadas ayang mengelurkan air, guruh, angin sepoi-sepoi.
Ø  Firman kenabian
Tanda uatama adalah sebuah peti brisi tabut perjanjian yang di dalamnya berisi dual oh batu dengan sepuluh firman
7.    Pribadi Yesus Kristus (peristiwa inkarnasi)merupakan dasar teologis sakramen :
menjadi dasar teologi sakramen adalah Inkarnasi yakni Allah yang tak kelihatan menjadi kelihatan dalam pribadi Yesus Kristus Yang menjadi tanda dan sarana allah  untuk menyelamatkan manusia.

8. Yesus kristus sebagai sakramen Allah bapa
Yesus adalah Allah yang menjelma menjadi manusia. Peribadi Yesus yang kelihatan menampakan  Allah yang tidak kelihatan. Ia adalah allah manusia. Dalam kemanusiaan Yesus Allah hadir dan menyatakan serta rahasia kehendaknya kepada manusia. Allah mau menyelamatkan manusia melalui pribadi Yesus kristus.


9. Dua ciri sacramental Yesus Kristus
Ø  Simbol reprentatif Allah ( dimensi menurun ) Allah menjadi manusia dalam diri Yesus kristus yang menghadirkan  dan menampakkan kasih karunia Allah di tengah manusia
Ø  Simbol ekspresif  adalah (dimensi mengatas) atau aspek batiniah dari Yesus  sebagai manusia yang mengarah kepada Allah secara sempurna. Aspek batniah dari Yesus sebagai manusia terungkap dalam keseluruhan hidup Yesus  yang ditunjukkan melalui ketaatan dan penyerahan dirinya secara total kepada Allah
10. Kepribadian yang memiliki struktur dialogal berdasarkan dua ciri sacramental.
 Dalam diri Yesus kristus Ada pihak allah (pewahyuan diri Allah) serentak ada tangapan dari manusia (iman).
 11.Pandangan origenes tentang sakramen
Origenes membentang contoh-contoh dari perjanjian lama melalui pribadi Yesus dan gereja perdana sampai masuk ke dalam aman keselamatan eskatologi.
Ø  Yunus yang keluar dari perut ikaN menandakan dan menunjukkan kebangkitan Yesus
Ø  Sunat yang di perintahkan Allah kepada Abraham menjadi tanda sunat rohani
Ø  Yesus Kristus adalah logos yang menjadi manusia serta sakramen yang terbesar dan pertama  karena dalam kemanusiaan yesus allah menampakkan diri dalam tanda-tanda
Ø  Tanda-tanda lain yang di rayakan dalam gereja

12. Agustinus membedakan tanda luar (sakramentum tantum) dan isi sakramen{Rahmat} (Res sakramenti ) artinya tanda luar menjadi sarana dari isi sakramen yaitu rahmat .sakramen ini menandakan yang tak kelihatan bekerja melalui tanda yang kelihatan sebagai tanda yang suci {signum sacrum} untuk menyelamatkan manusia. Seperti benda, perbuatan dan kata-kata. Tanda-tanda ini menjadi sarana keselamatan.

13. Paus Leo Agung menyebut Kristus sebagai Principale Et Maximum Sakramentum. Arti dan maksud kedua istilah ini: sakramen yang utama dan yang terbesar,  karena yesus adalah tanda dari Allah. Keilahian Allah bekerja melalui kemanusiaan Yesus. Itu berarti Yesus memilki dua kodrat yakni ilahi dan insani. Tanpa menghilangkan yang lain.
14. Thomas Aguinas membedakan dua hal yaitu causa Instrumentalis dan causa principalis dan juga dalam pelayanan sakramen Ia membedakan opus operantis dan opus operatum jelaskan arti dan maknanya:
v  causa intrumentalis: sakramen adalah tanda dan   sebab instrumental.
v  causa principalis: sakramen digerakan oleh Allah sebagai sebab utama.
Sakramen yang digerakan oleh Allah sebagai sebab utama bekerja melalui tanda intrumentalis(benda,kata-kata, perbuatan) sebagai sarana untuk mendatangkan rahmat kepada manusia. Dalam pelayanan sakramen opus operantis artinya pekerjaan orang mengerjakannya artinya  iman dan pertobatan ( disposisi batin) pemberi maupun penerima secara bebas tanpa paksaan. itu berarti membutuhkan sikap hati yang terbuka sehingga sakramen itu bertumbuh subur berkembang dan di hayati. Sementara opus operatum artinya pekerjaan yang telah di kerjakan sakramen yang di rayakan menurut ritus yang sebenarnya sesuai dengan kehndak Kristus dan gereja maka sakramen itu berdaya menyelamatkan secara otomatis karena Allah sendiri bekerja di dalamnya.imam yang merayakan sakramen itu menyelamatkan terlepasa dari kelemhan pribadi sebgai manusia.karena ia melaksankan apa yang di laksanakan oleg gereja.
15. Sikap Konsili Trente tentang ajaran sesat adalah “Anathema Sit.”
            Artinya terkucilkanlah dia
Kanon 2  barang siapa yang menyatakan bahwa sakramen perjanjian lama dan perjanjian baru tidak berbeda secara ritual. Maka terkucikanlah dia.
Kanon 5 barangsiapa yang menyatakan bahwa sakramen-sakramen hanya untuk memupuk iman maka terkucilkanlah dia.
Kanon 3 barangsiapa yang mengatakan bahwa ketujuh sakramen itu memiliki martabat yang sama maka terkuilkanlah dia.

16. SAKRAMEN DALAM GEREJA DEWASA INI
Makna sakramen KGK berdaya menyelamatkan karena sakramen merupakan warisan Yesus keristus sendiri dan Kristus sendiri bekerja di dalamnya sehingga sakramen itu merupakan tanda dari Allah yang  kelihatan melalui Yesus kristus untuk menyelamatkan manusia.
17. Ajaran para bapa gereja disimpulkan bahwa struktur sakramen pada struktur Yesus Kristus.
Yesus kristus adalah  Allah manusia. Dalam kemanusiaan Yesus hadirlah Allah yang tak kelihatan yang sedang mengerjakan dan mengusahakan keselamatan umat manusia.Ini berarti Yeus Kristus sebagai penguluran tangannya yakni allah yang secar aktif mendekati manusia, menyapa serta memanggilnya.
18. Tiga unsur penting untuk sahnya pelayanan sakramen:
Ø  benda adalah unsure material yakni barang atau orang yang harus ada untuk penerimaan sakramen
Ø  kata-kata adalah forma atau rumusan yang bersifat tetap dan baku yang di pakai waktu menerimakan sakramen untuk menjelaskan benda-benda itu
Ø  perbuatan atau tindakan adalah tindakan yang di lakukan dalam menerimakan sakramen
19. Mengapa sakramen gereja hanya 7 tidak kurang tidak lebih.
Angka tujuh adalah simbol kesempurnaan.
Merangkum peristiwa-peristiwa penting dalam hidup manusia karena allah turun tangan dalam peristiwa-peristiwa penting manusia mulai dari lahir sampai pada kematian.


20. Alasan sabda dan sakramen tidak dapat dipisakan karena:
§  Sakramen-sakramen gereja lahir dari dan sumber dalam kitab suci.
§  Teologi skolastik mengembangkan secara lain bahwa sabda atau kata-kata lebih menunnjukan pada forma sakramenti yang merupakan bagian pokok dari sakramen disamping materia sakramenti
§  Dalam praktek pastoral,liturgy dan sakremen di mana setiap penerimaan  sakramen selalu dan didahului dengan pembacaan serat pewartakan sbda. Karena sabda adalah kesaksian pokok karya keselamatan Allah, yang menjadi sumber adanya sakramen.
§  Sakramen bersifat sabda atau perwartaan tetapi sekaligus bersifat skramental.
21. Perbedaan rahmat sacramental dan meterai sakramen. Rahmat sakramental yang diterima oleh orang beriman yang      mendatangkan rahmat  bagi penerimanya. Sedangkan meterai sakramen yaitu cap atau meterai abadi yang tak terhapuskan entah oleh alasan apapun pada orang yang mernerimanya. Misalnya: babtis, krisma, dan imamat karena ketiga  sakrakramen ini dalam diri penerima terpartri tanda yang tak terhapuskan dan tidak diulang penerimaanya.
22. Kodrat meterai sakramen 
Ø  Tanda konfigurasunya artinya:meterai sakramen membuat sipenerima serupa dengan kristus. Ia menjadi anank Allah juga menjadi imam, Nabi dan raja.
Ø  Tanda distingtif perbedaan artinya materai sakramen membuat sipenerima berbeda dari yang lain , (erbedaan rohani) contoh: orang katolik berbeda dengan Islam, Hindu, dll.
Ø  Tanda dispositive eksegitif. Artinya meterai skramen mempesiapkan dan menuntut rahmat . meterai sakramen yang diterima seseorang menyiapkan orang yang bersangkutan umumnya rahmatnya sacramental yang bersangkutan artinya meterai skramen itu menjadi jaminanya.
Ø  Tanda deputatif artinya meterai sakramen mempersiapkan seseorang untuk berbakti kepada Tuhan masuk dalam suasana bersukar dan menyembah suguht Tuhan
Ø   Tanda obligatif artinya meterai sakramen berisi tugas untuk melaksanakan kewajiban yang diterima melalui sakramen untuk hudup dan berkarya sebagai anak Allah seperti Yesus Kristus.
23.  Sebut dan jelaskan sifat dasar sakramen yang tampil dalam lingkungan gereja:
·         Sifat perjanjian atinya sakramen-sakramen meruakan perayaan aktualisasi perbedaan yang dirikan olehh Yesus Kristus dalam bentuk tanda dan sabda.
·         Sifat perjumpaan-komunikatif artinya skramen- sakramen merupakan liturgi gereja dimana terjadi perjumpaan Allah dan manusia melalui Yesus Kristus dalam Roh Kudus yang berakngsung dalam bentuk tanda. Sebab dalam liturgy terjadi perjumpaan dialogal/komunikatif yaitu pengudusan Manusia (Katawatis) dan pemuliaan Allah (Anabatis).
·         Sifat Kebersamaan artinya Sakramen – Sakramen membangun kesatuan dan kebersaman antara Kristus dan umat beriman . Sehingga dalam perayaan liturgi subyek liturgi dan tubuh Mistik Kristus yaitu kepala dan anggota – anggotannya.
·         Sifat sejarah Keselamtan artinya Sakramen – Sakramen harus ditempatkan dalam seluruh dinmika keselamtan Allah. Dinamika dalam Sakramen ini dirayakan dalam Litugi (Doa Syukur Agung Ke IV)
24 SAKRAMENTALI
v  Sakramentali adalah tanda – tanda suci yang memiliki kemiripan dengan Sakramen – Sakramen yang menandakan karuniah – kariniah khususnya yang bersifat rohani yang diperoleh berkat doa permohanan Gereja.
v  Perbedaan Sakramen dan Sakramentali.
Sakramen adalah tanda langsung dari Allah yang menyelamatkan manusia
Sedangkan sakramentali tanda suci yang memiliki kemiripan yang bersifat rohani berkat permohonan gereja. Penekanan perbedaannya pada asal yakni sakramen dari Allah melalui Yesus Kristus sedangkan sakramnetali berasal dari gereja.
25. Manfaat Sakramentali
1.      Sebagai bentuk pengungkapan iman gereja kepada Allah melalui putranya Yesus
2.      Menandakan dan memperoleh rahmat-rahmat khusu karena iman gereja
3.      Sebagai sarana pembinaan iman
4.      Sebgai tanda-tanda suci yang dibuat dari barang konkrit dan kelihatan
5.      Melalui sakramentalia tanda-tanda atau benda itu menjadi tempat perjumpaan dengan Kristus
Istilah-istilah dalam sakramentologi
Ø  eksorsisme : doa pengusiran setan
Ø  eks operantis ecclesiae : berkat iman atau tindakan gereja
Ø  skramen maiyora : sakramen uatama yang bekerja secara khusus dalam gereja katolik yaitu sakramen ekaristi artinya seluruh sakramen menuju  dan mengalir  dari perayaan ekaristi dan sakramen baptis jalan masuk untuk bias menerima sakramen-skaramen alin
Ø  sakramen minora : sakramen kecil
Ø  sakramen audibile: tanda yang di dengar
Ø  verbum visibile: sabda yang kelihatan
Ø  institution divina : Yesus sendiri mendirikan sakramen-sakramen
Ø  intention recta dengan maksud yang benar dan lurus.
Ø  Eks opera operato :pekerjaan orang yang mengerjakan yakni pelayan insane dan petugas gereja
Ø  Eks opera oprantis ; pekerjaan yang telah di kerjakan tanpa memandang pelaku yang insane
Ø  Unsur material : hal, barang, orang dan perbuatan
Ø  Unsure forma: perkataan ( rumusan baku dan tetap yang dipakai imam dalam menerima sakramen
Ø  Unio hypostatica: Yesus adalah sungguh manusia dalam satu pribadi
Ø  Anathema sit ; terkucilkanlah dia
Ø  Intrumnetum sebagai alat ( kristus bertindak sebgai alat )
Ø  Intrumentum proprium et conionentum : alat yang khusus atau istimewa/tepat/sesuai
Ø  Causa principalis : sebab utama
Ø  Causa instrumental ; sebab instrument
Ø  Salva igitur proprietate utriusgue et in unam coente personam artinya kehasan masing-masing kodrat tetaplah utuh dalam satu pribadi
Ø  Sacramentum tantum ; tanda luar
Ø  Res sacramenti : isi sakramen
Ø  Signum sacrum : tanda yang suci
Ø  Sacremanta in genere : sakramen pada umumnya ( masing-masing sakramen)
Ø  Sacramen in specie; sakramen pada khusunya ( ketujuh sakramen)
Ø  Syarat ad validitatem artinya syarat demi sahnya tidak terpenuhi. Kekurangan ini karena tiga alas an
ü  Tanda sakremental
ü  Pelayan gadungan
ü  Penerima tidak mempunyai sikap hati atau tobat yang sungguh-sungguh. Artinya sakremen itu jadi tetapi tidak terjadi persatuan dengan Allah sebgai prasayaratnya.

Ø  Syarat ad liceitatem artinya syarat demi layaknya artinya yang di harapakan sakramen membawa akibat baik akibat maupun persatuan dengan Allah
Ø  Arti kata inisiasi secara etimologis
Ø  Dari kata latin inire dari ire artinya pergi  dan in di dalam jadi inire artinya pergi ke dalam atau masuk. Jadi kata inisiasi berarti masuk kedalam suatu kelompok, bergabung, atau di terima dalam satu kelompok
Ø  Sakramen inisiasi adalah tanda atau sarana yang mengikat sesorang untuk masik menjadi anggota resmi gereja dalam kesatuan dengan Kristus sebagai dasar sakramen. Ada tiga sakramen inisiasi yakni pembaptisan, krisma , ekaristi. Mengapa ketiga sakremn di sebut inisiasi karena sakremen itu merupakan utama dan pertama dan menjadi pintu masuk menjadi anggota gereja yang sah serta sebagai dasar untuk menerima sakramen-sakramen yang lain.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar