1. Arti
sakramen
Sakramen adalah Allah /rahmat atau keselamatan yang
tidak atau ilahi bkerja melalui tanda dan sarana kelihatan untuk menyelamatakan
manusia
Sakramen adalah
tanda dan sarana dari Allah melalui Yesus Kristus untuk menyelamatkan umat
manusia
2. Sakramen
sebagai tanda dan sarana
Tanda itu adalah
melalui tanda-tanda, yang kelihatan.Allah yang tidak kelihatan mendatangi dan
mengusahakan keselamatan bagi umat manusia
Sarana adalah
melalui tanda-tanda itu Allah bekerja untuk mengantar manusia kepada keselamatan.
3. Kesamaan
dan perbedaan sakramen dan misteri
Kesamaannya
Keduanya sakramen
dan misteri merupakan daya penyelamatan Allah yang membawa manusia kepada
keselamatan.
4. Perbedaan
sakramen dan misteri
Sakramen
adalah sesuatu yang lahiriah yang kelihatan yakni benda, kata-kata dan
perbuatan
Misteri adalah
sesuatu yang batiniah atau tidak kelihatan yakni rahmat, keselamatan, Allah
5. dasar
sakramen menurut kitab suci perjanjian lama
Melalui tanda yakni peristiwa
atau kejadian yang di sertai dengan firman kenabian yang diikuti dengan
tindakan dan perbuatan .tanda dalam rangka penyampaian firman itu berdaya menyelamatkan
Ada dua unsur penting yang memuat tanda-tanda dalam perjanjian lama
yang berciri sacramental adalah
Ø Peristiwa
atau kejadian yakni tindakan penyelamatan Allah melalu peristiwa historis yang
di alami bangsa Israel yang menunjukkan kehadiran allah melalui tanda-tanda
sperti tiang awan,manna, burung puyuh, wadas ayang mengelurkan air, guruh,
angin sepoi-sepoi.
Ø Firman
kenabian
Tanda uatama
adalah sebuah peti brisi tabut perjanjian yang di dalamnya berisi dual oh batu
dengan sepuluh firman
7. Pribadi Yesus Kristus (peristiwa
inkarnasi)merupakan dasar teologis sakramen :
menjadi
dasar teologi sakramen adalah Inkarnasi yakni Allah yang tak kelihatan menjadi
kelihatan dalam pribadi Yesus Kristus Yang menjadi tanda dan sarana allah untuk menyelamatkan manusia.
8. Yesus kristus sebagai sakramen
Allah bapa
Yesus adalah Allah yang menjelma
menjadi manusia. Peribadi Yesus yang kelihatan menampakan Allah yang tidak kelihatan. Ia adalah allah
manusia. Dalam kemanusiaan Yesus Allah hadir dan menyatakan serta rahasia
kehendaknya kepada manusia. Allah mau menyelamatkan manusia melalui pribadi
Yesus kristus.
9. Dua ciri sacramental Yesus
Kristus
Ø Simbol
reprentatif Allah ( dimensi menurun ) Allah menjadi manusia dalam diri Yesus
kristus yang menghadirkan dan
menampakkan kasih karunia Allah di tengah manusia
Ø Simbol
ekspresif adalah (dimensi mengatas) atau
aspek batiniah dari Yesus sebagai
manusia yang mengarah kepada Allah secara sempurna. Aspek batniah dari Yesus
sebagai manusia terungkap dalam keseluruhan hidup Yesus yang ditunjukkan melalui ketaatan dan
penyerahan dirinya secara total kepada Allah
10. Kepribadian yang memiliki
struktur dialogal berdasarkan dua ciri sacramental.
Dalam diri Yesus kristus Ada pihak allah
(pewahyuan diri Allah) serentak ada tangapan dari manusia (iman).
11.Pandangan origenes tentang sakramen
Origenes
membentang contoh-contoh dari perjanjian lama melalui pribadi Yesus dan gereja
perdana sampai masuk ke dalam aman keselamatan eskatologi.
Ø Yunus
yang keluar dari perut ikaN menandakan dan menunjukkan kebangkitan Yesus
Ø Sunat
yang di perintahkan Allah kepada Abraham menjadi tanda sunat rohani
Ø Yesus
Kristus adalah logos yang menjadi manusia serta sakramen yang terbesar dan
pertama karena dalam kemanusiaan yesus
allah menampakkan diri dalam tanda-tanda
Ø Tanda-tanda
lain yang di rayakan dalam gereja
12. Agustinus
membedakan tanda luar (sakramentum tantum) dan isi sakramen{Rahmat} (Res sakramenti ) artinya tanda luar menjadi
sarana dari isi sakramen yaitu rahmat .sakramen ini menandakan yang tak
kelihatan bekerja melalui tanda yang kelihatan sebagai tanda yang suci {signum sacrum} untuk menyelamatkan manusia. Seperti
benda, perbuatan dan kata-kata. Tanda-tanda ini menjadi sarana keselamatan.
13. Paus Leo Agung
menyebut Kristus sebagai Principale Et
Maximum Sakramentum. Arti dan maksud kedua istilah ini: sakramen yang utama dan yang terbesar, karena yesus adalah tanda dari Allah.
Keilahian Allah bekerja melalui kemanusiaan Yesus. Itu berarti Yesus memilki
dua kodrat yakni ilahi dan insani. Tanpa menghilangkan yang lain.
14. Thomas Aguinas
membedakan dua hal yaitu causa Instrumentalis dan causa principalis dan juga
dalam pelayanan sakramen Ia membedakan opus operantis dan opus operatum
jelaskan arti dan maknanya:
v
causa intrumentalis: sakramen adalah tanda dan sebab instrumental.
v
causa principalis: sakramen digerakan oleh Allah sebagai sebab utama.
Sakramen yang digerakan oleh
Allah sebagai sebab utama bekerja melalui tanda intrumentalis(benda,kata-kata,
perbuatan) sebagai sarana untuk mendatangkan rahmat kepada manusia. Dalam
pelayanan sakramen opus operantis artinya pekerjaan orang mengerjakannya artinya
iman dan pertobatan ( disposisi batin)
pemberi maupun penerima secara bebas tanpa paksaan. itu berarti membutuhkan
sikap hati yang terbuka sehingga sakramen itu bertumbuh subur berkembang dan di
hayati. Sementara opus operatum artinya pekerjaan yang telah di kerjakan
sakramen yang di rayakan menurut ritus yang sebenarnya sesuai dengan kehndak
Kristus dan gereja maka sakramen itu berdaya menyelamatkan secara otomatis
karena Allah sendiri bekerja di dalamnya.imam yang merayakan sakramen itu
menyelamatkan terlepasa dari kelemhan pribadi sebgai manusia.karena ia
melaksankan apa yang di laksanakan oleg gereja.
15.
Sikap Konsili Trente tentang ajaran sesat adalah “Anathema Sit.”
Artinya
terkucilkanlah dia
Kanon 2 barang siapa yang menyatakan bahwa sakramen
perjanjian lama dan perjanjian baru tidak berbeda secara ritual. Maka
terkucikanlah dia.
Kanon 5 barangsiapa
yang menyatakan bahwa sakramen-sakramen hanya untuk memupuk iman maka
terkucilkanlah dia.
Kanon 3 barangsiapa
yang mengatakan bahwa ketujuh sakramen itu memiliki martabat yang sama maka
terkuilkanlah dia.
16.
SAKRAMEN DALAM GEREJA DEWASA INI
Makna
sakramen KGK berdaya menyelamatkan karena sakramen merupakan warisan Yesus
keristus sendiri dan Kristus sendiri bekerja di dalamnya sehingga sakramen itu
merupakan tanda dari Allah yang
kelihatan melalui Yesus kristus untuk menyelamatkan manusia.
17.
Ajaran para bapa gereja disimpulkan bahwa struktur sakramen pada struktur Yesus
Kristus.
Yesus kristus adalah Allah manusia. Dalam kemanusiaan Yesus
hadirlah Allah yang tak kelihatan yang sedang mengerjakan dan mengusahakan
keselamatan umat manusia.Ini berarti Yeus Kristus sebagai penguluran tangannya
yakni allah yang secar aktif mendekati manusia, menyapa serta memanggilnya.
18.
Tiga unsur penting untuk sahnya pelayanan sakramen:
Ø benda adalah unsure material
yakni barang atau orang yang harus ada untuk penerimaan sakramen
Ø kata-kata adalah forma atau
rumusan yang bersifat tetap dan baku yang di pakai waktu menerimakan sakramen
untuk menjelaskan benda-benda itu
Ø perbuatan atau tindakan adalah
tindakan yang di lakukan dalam menerimakan sakramen
19.
Mengapa sakramen gereja hanya 7 tidak kurang tidak lebih.
Angka tujuh adalah simbol
kesempurnaan.
Merangkum peristiwa-peristiwa
penting dalam hidup manusia karena allah turun tangan dalam peristiwa-peristiwa
penting manusia mulai dari lahir sampai pada kematian.
20.
Alasan sabda dan sakramen tidak dapat dipisakan karena:
§
Sakramen-sakramen
gereja lahir dari dan sumber dalam kitab suci.
§
Teologi
skolastik mengembangkan secara lain bahwa sabda atau kata-kata lebih
menunnjukan pada forma sakramenti yang merupakan bagian pokok dari sakramen
disamping materia sakramenti
§
Dalam
praktek pastoral,liturgy dan sakremen di mana setiap penerimaan sakramen selalu dan didahului dengan
pembacaan serat pewartakan sbda. Karena sabda adalah kesaksian pokok karya
keselamatan Allah, yang menjadi sumber adanya sakramen.
§
Sakramen
bersifat sabda atau perwartaan tetapi sekaligus bersifat skramental.
21. Perbedaan
rahmat sacramental dan meterai sakramen. Rahmat sakramental yang diterima oleh
orang beriman yang mendatangkan
rahmat bagi penerimanya. Sedangkan
meterai sakramen yaitu cap atau meterai abadi yang tak terhapuskan entah oleh
alasan apapun pada orang yang mernerimanya. Misalnya: babtis, krisma, dan
imamat karena ketiga sakrakramen ini
dalam diri penerima terpartri tanda yang tak terhapuskan dan tidak diulang
penerimaanya.
22.
Kodrat meterai sakramen
Ø
Tanda
konfigurasunya artinya:meterai sakramen membuat sipenerima serupa dengan
kristus. Ia menjadi anank Allah juga menjadi imam, Nabi dan raja.
Ø
Tanda
distingtif perbedaan artinya materai sakramen membuat sipenerima berbeda dari
yang lain , (erbedaan rohani) contoh: orang katolik berbeda dengan Islam,
Hindu, dll.
Ø
Tanda
dispositive eksegitif. Artinya meterai skramen mempesiapkan dan menuntut rahmat
. meterai sakramen yang diterima seseorang menyiapkan orang yang bersangkutan
umumnya rahmatnya sacramental yang bersangkutan artinya meterai skramen itu
menjadi jaminanya.
Ø
Tanda
deputatif artinya meterai sakramen mempersiapkan seseorang untuk berbakti
kepada Tuhan masuk dalam suasana bersukar dan menyembah suguht Tuhan
Ø
Tanda obligatif artinya meterai sakramen
berisi tugas untuk melaksanakan kewajiban yang diterima melalui sakramen untuk
hudup dan berkarya sebagai anak Allah seperti Yesus Kristus.
23. Sebut dan jelaskan sifat dasar sakramen yang
tampil dalam lingkungan gereja:
·
Sifat
perjanjian atinya sakramen-sakramen meruakan perayaan aktualisasi perbedaan
yang dirikan olehh Yesus Kristus dalam bentuk tanda dan sabda.
·
Sifat
perjumpaan-komunikatif artinya skramen- sakramen merupakan liturgi gereja
dimana terjadi perjumpaan Allah dan manusia melalui Yesus Kristus dalam Roh
Kudus yang berakngsung dalam bentuk tanda. Sebab dalam liturgy terjadi
perjumpaan dialogal/komunikatif yaitu pengudusan Manusia (Katawatis) dan
pemuliaan Allah (Anabatis).
·
Sifat
Kebersamaan artinya Sakramen – Sakramen membangun kesatuan dan kebersaman
antara Kristus dan umat beriman . Sehingga dalam perayaan liturgi subyek
liturgi dan tubuh Mistik Kristus yaitu kepala dan anggota – anggotannya.
·
Sifat
sejarah Keselamtan artinya Sakramen – Sakramen harus ditempatkan dalam seluruh
dinmika keselamtan Allah. Dinamika dalam Sakramen ini dirayakan dalam Litugi
(Doa Syukur Agung Ke IV)
24
SAKRAMENTALI
v Sakramentali adalah tanda – tanda
suci yang memiliki kemiripan dengan Sakramen – Sakramen yang menandakan
karuniah – kariniah khususnya yang bersifat rohani yang diperoleh berkat doa
permohanan Gereja.
v Perbedaan Sakramen dan
Sakramentali.
Sakramen adalah tanda langsung
dari Allah yang menyelamatkan manusia
Sedangkan sakramentali tanda suci
yang memiliki kemiripan yang bersifat rohani berkat permohonan gereja.
Penekanan perbedaannya pada asal yakni sakramen dari Allah melalui Yesus
Kristus sedangkan sakramnetali berasal dari gereja.
25.
Manfaat Sakramentali
1. Sebagai bentuk pengungkapan iman
gereja kepada Allah melalui putranya Yesus
2. Menandakan dan memperoleh
rahmat-rahmat khusu karena iman gereja
3. Sebagai sarana pembinaan iman
4. Sebgai tanda-tanda suci yang
dibuat dari barang konkrit dan kelihatan
5. Melalui sakramentalia tanda-tanda
atau benda itu menjadi tempat perjumpaan dengan Kristus
Istilah-istilah dalam
sakramentologi
Ø eksorsisme
: doa pengusiran setan
Ø eks
operantis ecclesiae : berkat iman atau tindakan gereja
Ø skramen
maiyora : sakramen uatama yang bekerja secara khusus dalam gereja katolik yaitu
sakramen ekaristi artinya seluruh sakramen menuju dan mengalir
dari perayaan ekaristi dan sakramen baptis jalan masuk untuk bias
menerima sakramen-skaramen alin
Ø sakramen
minora : sakramen kecil
Ø sakramen
audibile: tanda yang di dengar
Ø verbum
visibile: sabda yang kelihatan
Ø institution
divina : Yesus sendiri mendirikan sakramen-sakramen
Ø intention
recta dengan maksud yang benar dan lurus.
Ø Eks
opera operato :pekerjaan orang yang mengerjakan yakni pelayan insane dan
petugas gereja
Ø Eks
opera oprantis ; pekerjaan yang telah di kerjakan tanpa memandang pelaku yang
insane
Ø Unsur
material : hal, barang, orang dan perbuatan
Ø Unsure
forma: perkataan ( rumusan baku dan tetap yang dipakai imam dalam menerima
sakramen
Ø Unio
hypostatica: Yesus adalah sungguh manusia dalam satu pribadi
Ø Anathema
sit ; terkucilkanlah dia
Ø Intrumnetum
sebagai alat ( kristus bertindak sebgai alat )
Ø Intrumentum
proprium et conionentum : alat yang khusus atau istimewa/tepat/sesuai
Ø Causa
principalis : sebab utama
Ø Causa
instrumental ; sebab instrument
Ø Salva
igitur proprietate utriusgue et in unam coente personam artinya kehasan
masing-masing kodrat tetaplah utuh dalam satu pribadi
Ø Sacramentum
tantum ; tanda luar
Ø Res
sacramenti : isi sakramen
Ø Signum
sacrum : tanda yang suci
Ø Sacremanta
in genere : sakramen pada umumnya ( masing-masing sakramen)
Ø Sacramen
in specie; sakramen pada khusunya ( ketujuh sakramen)
Ø
Syarat ad validitatem artinya
syarat demi sahnya tidak terpenuhi. Kekurangan ini karena tiga alas an
ü
Tanda sakremental
ü
Pelayan gadungan
ü
Penerima tidak mempunyai sikap
hati atau tobat yang sungguh-sungguh. Artinya sakremen itu jadi tetapi tidak
terjadi persatuan dengan Allah sebgai prasayaratnya.
Ø
Syarat ad liceitatem artinya
syarat demi layaknya artinya yang di harapakan sakramen membawa akibat baik
akibat maupun persatuan dengan Allah
Ø
Arti kata inisiasi secara
etimologis
Ø
Dari kata latin inire dari ire
artinya pergi dan in di dalam jadi inire
artinya pergi ke dalam atau masuk. Jadi kata inisiasi berarti masuk kedalam
suatu kelompok, bergabung, atau di terima dalam satu kelompok
Ø
Sakramen inisiasi adalah tanda
atau sarana yang mengikat sesorang untuk masik menjadi anggota resmi gereja
dalam kesatuan dengan Kristus sebagai dasar sakramen. Ada tiga sakramen
inisiasi yakni pembaptisan, krisma , ekaristi. Mengapa ketiga sakremn di sebut
inisiasi karena sakremen itu merupakan utama dan pertama dan menjadi pintu
masuk menjadi anggota gereja yang sah serta sebagai dasar untuk menerima
sakramen-sakramen yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar